Minggu, 13 Juli 2014

Bangkalan Astronomy Club

Nih, akan aku coba jelasin tentang sebuah club pendidikan yang aku geluti saat ini, semoga bermanfaat. Sekali-kali pengen ngasih postingan yang bermanfaat bagi pembaca. Semoga bermanfaat.

Bangkalan Astronomy Club (BAC) adalah wadah astronomi amatir yang ada di Kota Bangkalan, dan merupakan satu-satunya di Pulau Tanah Garam. Pembentukannya sendiri atas inspirasi dari Surabaya Astronomy Club yang merupakan wadah Astronomi amatir Indonesia, yang kerap kali menjadi perwakilan Indonesia dalam kegiatan-kegiatan bertaraf nasional maupun internasional, di antaranya mengirimkan perwakilan untuk HAI di Bosscha dan dua kali ikut menyelenggarakan pengamatan bulan serentak sedunia, INOMN.
  
Sehingga SAC menjadi partner bagi BAC. Sering kali untuk kegiatan BAC, mendatangkan beberapa anggota dari SAC untuk membantu dalam penyelenggaraan kegiatan, dan sharing ilmu tentang dunia sstronomi.

Tanggal 29 April 2014 merupakan tanggal pembentukan yang diprakarsai oleh cong dan beng dari SMA Negeri 1 Bangkalan. Hingga sampai saat ini, keanggotaannya dominan berasal dari sekolah tersebut. Bahkan, salah satu dari guru pengajar SMAN 1 Bangkalan ikut bergabung.

Adapun bentuk kegiatan yang sudah maupun akan dilaksanakan adalah :
2.     Pengamatan gerhana matahari dan bulan
3.     Observasi Benda-Benda Langit
4.     Pelatihan Telescope
5.     Pengamatan Hilal untuk Hari Raya/ Ramadhan, dan sebagainya.

Tentunya kegiatan-kegiatan diatas akan semakin berkembang seiring perjalanan BAC untuk ke depannya, dukungan serta keanggotan dari rekan-rekan yang lain menjadi salah satu nyawa bagi BAC.

Media sharing sesama anggota dapat terhubung di group Facebook: Bangkalan Astronomy Club. Dan akun twitter: @BKL_AstronomyC. Dan jika ingin bergabung, tinggal join di akun facebook maupun twitter BAC.

Salah satu wujud kepedulian BAC terhadap salah satu ilmu pengetahuan tertua, yakni Astronomi, maka akan digalakkan pembentukan Komunitas/ ekskul astronom di setiap Sekolah Menengah Atas yang ada di Kabupaten Bangkalan. Sekolah pertama yang akan menjadi sasaran dan akan menjadi percontohan bagi sekolah lainnya adalah SMA Negeri 1 Bangkalan. Proses penjaringan anggota di SMAN 1 Bangkalan sedang dijalankan. So, lets join us!!!

Astronomi

Jadilah pembaca setia saya, siapa tahu jodoh!

2 komentar:

  1. wak keren! btw, gue juga suka sama astronomi. tapi suka aja wkwk keren nih postingannya :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip. Semoga kesukaannya semakin berkembang. Maksih kaka :D

      Hapus