Minggu, 28 Agustus 2016

Terimakasih Jember: Seminar Nasional UNEJ

 Haydar Iskandar Seminar Trainer Motivator Pembicara Hits


Wah...entah udah berapa bulan aku gak update blog. Tiba-tiba aja aku pengen banget nulis ini dan update blog, biar blognya juga gak jamuran. Kasihan, kan... Sebelumnya, gimana nih kabar kalian semua? Sudah move-on dari mantan yang kemarin? Atau malah balikan dengan mantan pas jaman SMA?

Dan kali ini, aku mau sedikit bercerita soal perjalanankau ke Jember beberapa hari lalu. Beberapa hari lalu, tepatnya di hari Kamis (25/8) aku menjadi pembicara dalam Seminar Nasional di Universitas Negeri Jember.

Kegiatan Seminar Nasional ini diadakan oleh teman-teman UKM Kependudukan Universitas Negeri Jember. Seminar Nasional ini merupakan sub-kegiatan dalam rangkaian kegiatan Jambore Kependudukan 2016 UKM Kependudukan UNEJ. Sub-kegiatan lainnya adalah Lomba Menulis Cerpen, Lomba Poster dan Stand Up Comedy. Final dari ketiga lomba ini pada 24 Agustus 2016, di kafe kolong Jember yang diselenggarakan malam hari. Kebetulan, aku datang sejak tanggal 24 dan dapat berkesempatan hadir di acara final lomba tersebut. Sumpah, kesan pertama yang ada di benakku adalah soal kafe kolong yang benar-benar ada di bawah jembatan jalan raya. Selain konsepnya yang keren, juga pengunjungnya yang rame banget. Dan sekitar 10 malam, aku dibawa ke penginapan oleh panitia.

Kalau boleh ngasih bocoran, aku adalah tipe orang yang susah betah di tempat baru. Bahkan, nginep di hotel se-bagus apapun pasti akan susah tidur di hari pertama karena belum bisa ‘betah’. Memang, gak ada yang senyaman kamar sendiri. Akhirnya, daripada gak ada kerjaan sembari nunggu ngantuk, aku nyalain laptop dan coba cek ulang bahan seminarku besok. Sebelum tidur, aku nyalain AC dan aku setel suhu yang paling dingin, alasannya biar bisa bangun pagi. Akhirnya, aku baru bisa tidur sekitar pukul 2 dini hari.

Sekitar pukul 9 pagi, aku kembali dijemput oleh panitia untuk berangkat ke tempat acara. Sesampainya di tempat acara, mata terbelalak sepersekian detik melihat jumlah peserta yang terdiri dari kalangan remaja se-Jawa Timur. Setelah aku tanya ke panitia di meja registrasi, peserta yang hadir berjumlah sekitar 400an.

Saat berjalan di antara bangku peserta, tepuk tangan seolah menjadi paduan suara di gedung itu. Cuma ada satu yang ‘njleb’ yaitu saat pembawa acaranya manggil dengan sebutan Bapak Haydar Iskandar... “Oh, No... Saya masih ABG, mbak!!”  

Sudah, lupakan soal bapak....

Tema seminar kali ini adalah “Remaja Hebat Pilar Utama Bangsa yang Kuat.” Dan judul materiku adalah “Menggapai Generasi Emas: Saatnya yang Muda yang Berencana.” Dalam kesempatan kali ini, aku memberikan gambaran penyebab permasalah remaja Indonesia saat ini. Dan untuk menggapai generasi emas, bukanlah hal yang sederhana atau bahkan bukanlah hal yang mudah, bisa dibilang bahwa hal ini adalah target besar yang harus disinergikan dengan pihak-pihak lain dalam pencapaiannya. Dalam kesempatan ini, aku juga menjelaskan beberapa solusi untuk memecahkah permasalah remaja di Indonesia.

Haydar Iskandar Pembicara Smeinar Training Motivasi

Alhamdulillah... Semua berjalan dengan lancar dan sukses. Berkat Tuhan yang Maha Esa. Sekalipun aku kebagian di sesi ke-tiga, dimana biasanya disaat jam-jam itu merupakan jam ngantuk, tapi seluruh peserta terlihat sangat antusias. Dua sesi sebelumnya disampaikan oleh Bapak Ali Imran (Ketua Koalisi Kependudukan Jawa Timur) dan Bapak Pulung Siswantara (Dosen FKM UNAIR dan Comedian).

Harapannya, semoga kegiatan ini merupakan sebuah langkah pasti yang akan mencetak remaja-remaja Indonesia yang pasti-pasti aja; pasti berkualitas, pasti berkarakter, pasti mencetak prestasi setinggi-tingginya, dan pasti mengabdi untuk bangsa. Bukan sekedar ajang kegiatan formalitas.

Salut dan terimakasih untuk seluruh panitia; Bagus, Rini, Marina, Nazilah (Maaf hanya ini nama panitia yang aku ingat) dan terimakasih untuk mbak MCnya, Desi. Terimakasih yang sebesar-besarnya untuk seluruh pihak pimpinan Universitas Negeri Jember. Terimakasih kepada Bapak Pembantu Rektor III UNEJ yang bersedia menghadiri dari awal sampai akhir acara, bapak kece!

Haydar Iskandar Pembicara Seminar Training Motivasi

Haydar Iskandar Pembicara Seminar Training Motivasi

Tepat pukul 16.27 WIB, aku kembali ke Surabaya dengan naik kereta api. Terimakasih Jember, dan terimakasih atas semua ilmunya!


Jadilah pembaca setia saya, siapa tahu jodoh!

0 komentar:

Posting Komentar